Meifan Franita Tarek Perangi HIV/AIDS


CewekManado.Com - Meningkatnya penderita HIV/AIDS di Sulawesi Utara mengundang keprihatinan tersendiri dari berbagai elemen masyarakat di daerah ini. Tak terkecuali bagi Meifan Tarek.

Gadis cantik kelahiran 16 Maret 1988 yang baru saja dikukuhkan sebagai Nurse angkatan ke-4 di Universitas Sariputra Indonesia (Unsrit) Tomohon dalam Rapat Senat Luar Biasa Terbuka yang dipimpin Rektor Max Runtuwene di Hotel Sutan Raja, Kabupaten Minahasa Utara, Senin (9/9/2013), merasa perlu terlibat untuk memerangi penyaki ini, agar tak membawa dampak lebih buruk bagi masyarakat di masa mendatang.

“Merebaknya penyakit HIV/AIDS di Sulawesi Utara menjadi tanda awas bagi masyarakat agar lebih hati-hati dan waspada supaya tidak tertular. Memang untuk menekan penyebaran penyakit ini perlu mendapat perhatian serius dari semua elemen masyarakat, tak bisa dibiarkan begitu saja ditangani oleh elemen tertentu, misalnya kesehatan saja, tak akan berhasil,” kata putri tunggal dari pasangan Maks Tarek dan Senli Tumuti kepada Wartawan.

Berbekal ilmu yang dimiliki selama belajar di Unsrit, Meifan mengaku dirinya siap untuk terjun langsung ke lapangan menangani dampak buruk penyakit ini, misalnya dengan memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat lewat sosialisasi dan penyuluhan tentang bahaya HIV/AIDS. “Sebagai tenaga kesehatan, tentu memberikan tantangan tersendiri bagi saya untuk ikut menekan penyebaran penyakit ini. Tidak akan saya jauhi, jika perlu akan dirawat langsung agar bisa sembuh, sesuai dengan sumpah dan janji yang telah diucapkan sebagai perawat maupun nurse,” ungkapnya.

Masyarakat menurut dia tak bisa menjauhi para penderita HIV/AIDS, tapi harus terus dekat agar bisa terjalin hubungan yang harmonis dan saling menopang satu sama lainnya untuk membangun daerah ini menjadi lebih maju. “Kita harus mewaspadai penyakit ini, tapi tidak berarti harus mengasingkan para penderita. Mereka juga manusia yang perlu pertolongan sama seperti kita, untuk hidup bahagia,” tuturnya.

Yang perlu dilakukan sekarang oleh masyarakat untuk menghindari penyakit tersebut kata Meifan, adalah dengan menghindari pergaulan bebas serta penyalahgunaan narkoba, sebab rantai awal penularannya adalah melalui cara tersebut. “Kita jangan biasakan diri untuk bergaul bebas, sebab ujung-ujungnya bisa terjerumus ke dalam seks bebas dan penyalahgunaan narkoba yang dapat berdampak pada terjadinya penularan HIV/AIDS, tanpa bisa kita sadari. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi, carilah lingkungan yang memadai untuk membangun kehidupan kita. Jangan terbiasa dengan melakukan hal negatif,” tukasnya.


Postingan populer dari blog ini

Pingkan Debora Ulus Kini Lebih Siap

Devita Yanti Tawoto Sentil Kepentingan Politik

Siltas Tatuil Tidak Sekolah Selama 3 Hari