Alucia A Elungan Lestarikan Tulude

Gelar adat tulude di Kota Bitung atau dalam bahasa Sangihe disebut Hundugu Monara Tulude Soang Kudatong Bitung Taung 2014 merupakan tradisi adat warga Nusa Utara yang bermukim di daerah ini. Sebentar lagi akan dirayakan di Kota Bitung. Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari Alucia A Elungan.

"Tulude oleh warga Nusa Utara merupakan pesta adat. Tulude itu secara luas yaitu kegiatan upacara pengucapan syukur kepada Mawu Ruata Ghenggona Langi atau Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat-berkatnya kepada umat manusia selama tahun yang lalu," kata gadis yang sering disapa Lisa kepada Tribun Manado, Kamis (30/1/2014).

Putri pasangan  Djafar Elungan dan almarhumah Like Rondonuwu berharap perayaan Tulude di tahun baru 2014 ini akan sama dengan tahun yang sudah lewat bahkan bisa lebih baik dan lebih meriah lagi. "Yang paling disukai acara ritualnya, tarian ampa wayer, tarian masamper dan pemotongan kue tamo," kata pemilik moto hidup "merasa bersyukur dan menghargai seseorang".

Wanita yang gemar diving ini berkeinginan besar agar supaya seluruh pihak yang terkait dengan peristiwa pegelaran adat di Kota Bitung tetap merayakan gelar Tulude setiap tahunnya.

"Karena Tulude tidak membedakan budaya suku ras, karena torang samua basudara torang samua baku sayang," kata sarjana ekonomi ini.

Postingan populer dari blog ini

Pingkan Debora Ulus Kini Lebih Siap

Devita Yanti Tawoto Sentil Kepentingan Politik

Siltas Tatuil Tidak Sekolah Selama 3 Hari